Kamis, 04 September 2014

Sejarah Perayaan International Hijab Solidarity Day




Hari ini, pada tanggal 4 September 2014 adalah Perayaan International Hijab Solidarity Day. Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga tidak ada masalah apapun bagi kaum muslim untuk menggunakan hijab. Berbeda dengan Indonesia Negara Barat justru malah melarang penggunaan Hijab pada saat beraktivitas.

Pada tahun 2004, aksi protes dilakukan diberbagai negara. Misalnya di Inggris tepatnya di London dan juga di Perancis yang tidak memperbolehkan anak perempuan  menggunakan hijab. Di Perancis apabila ada yang melanggar peraturan tersebut, dikenekan sanki tidak boleh mendapatkan perawatan medis.

Bebeda dengan negara tersebut, di Tunisia, wanita yang berjilbab di tempat umum akan dipenjarakan dan disiksa. Sehingga menyebabkan masyarakatnya melakukan aksi protes.

Setelah terjadinya aksi protes tersebut, pada tanggal 4 September 2004 pemerintah memutuskan menyelengarakan konferensi London. Dan keputusan untuk memperbolehkan wanita menggunakan hijab menyebabkan pada tanggal tersebut ditentukan sebagai International Hijab Solidarity Day atau Har Solodaritas Hijab Dunia.

Para wanita diberbagai belahan dunia misalnya Eropa seperti Perancis, Turki, Jerman dan lainnya merayakan hal tersebut sebagai bentuk dukungan bagi wanita berhijab yang dulinya terintimidasi.

Pada hari ini para muslimah disarankan untuk menggunakan hijab guna menyemangati wanita diselurih dunia agar tidak takut lagi untuk menggunakan hijab.

Happy International Hijab Solidarity Day ^_^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar